7 Ide Sajian Buka Puasa Berbahan Dasar Buah Lokal

Berbuka puasa dengan manis? Atau yang gurih? Tiap orang bisa saja memiliki selera berbeda. Namun, umumnya di meja makan akan akan makanan atau minuman khusus pembuka puasa. Makanan atau minuman tersebut jarang disajikan dihari biasa seperti aneka kolak.

Ya, puasa Ramadan memang istimewa, bahkan untuk makanan berbuka kerap kali amat meriah. Lebih meriah dari hari biasa. Untuk itu, penting  tidak berlebih-lebihan saat berbuka puasa.

Meskipun sebetulnya membatalkan puasa cukup dengan air putih dan kurma. Tak ada salahnya menyiapkan makanan dan minuman khusus untuk berbuka puasa. 

Kali ini, saya berbagi informasi mengenai olahan buah lokal baik berupa makanan ataupun minuman untuk berbuka puasa.

1. Es Timun Serut

Minuman segar ini terbuat dari timun, kelapa muda, selasih, dan nata de coco. Cara membuatnya mudah sekali. Timun diserut kemudian diberi perasan air jeruk nipis. Diamkan beberapa lama kemudian beri campuran kelapa muda, nata de coco, gula pasir, sirup melon dan es batu. 

Rasanya yang segar mampu menghapus rasa dahaga setelah seharian berpuasa. 

2. Kolak

Makanan sejuta umat yang satu ini memang ciri khas makanan untuk berbuka puasa. Ada bermacam kolak tapi versi kolak favorit saya adalah ada pisang raja/ kepok, kolang-kaling dan labu kuning. 

Rasanya yang manis dan gurih cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

3. Carang Gesing

Panganan tradisional yang satu ini rasanya mirip kolak tapi bentuknya beda. Carang gesing terbuat dari pisang raja atau kepok, roti tawar, santan, gula pasir dan telur. 

Cara membuatnya mudah, semua bahan dicampur, kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus.

Sebungkus Carang Gesing pas dikonsumsi untuk menyegerakan buka puasa. 

4. Es Pisang Ijo

Es tradisional dari Makasar ini juga nikmat disantap saat berbuka. Rasa gurih pisang berbalut tepung yang diguyur vla dan sirup dengan aroma yang sungguh menggoda selera. 

Cukup 1 porsi karena es pisang ijo ini lumayan mengenyangkan.

5. Es Air Mata Kucing

Es yang satu ini memang memiliki nama yang unik, ya? Tentu saja, bahannya bukan dari air mata kucing beneran. Ini hanya istilah saja untuk menggambarkan penampakan es yang berasal dari Malaysia.

Es yang satu ini terbuat dari buah kelengkeng, biji selasih dan gula. Rasanya menyegarkan, dan berkhasiat untuk meredakan panas dalam. Cocok sekali disajikan untuk buka puasa. Tahu sendiri, kan? Saat puasa kita cenderung mudah untuk terkena panas dalam.

Nah, sajian yang satu ini, pas banget. Biasanya disajikan dengan es batu namun jika tak suka dingin, bisa juga kok diminum tanpa es.

6. Smoothies Buah Pisang dan Buah Naga

Bagi teman-teman yang lebih menyukai makanan berbuka yang segar tanpa diolah, bisa coba bikin smoothies. Pilihan buah fleksibel, bisa pakai buah Naga dan Pisang Ambon. 

Rasanya segar dan praktis sekaligus menyehatkan karena tanpa tambahan gula. Cocok untuk kalian yang ingin menjaga berat badan saat puasa. 

7. Es Kuwut Melon 

Cukup sediakan buah Melon serut, nata de coco, selasih, gula pasir dan sirup rasa melon serta es batu. Cara membuatnya mudah, semua bahan dicampur jadi satu, beri es batu agar makin segar.

Itu di ketujuh ide olahan buah lokal yang bisa dijadikan makanan atau minuman buka puasa. 

Buah lokal selain jenisnya banyak. Rasanya juga enak, tak kalah dengan buah impor. 

Meskipun masa pandemi telah berlalu, kita tetap dianjurkan mengonsumsi Vitamin C agar daya tahan tubuh meningkat. Salah satu sumber Vitamin C adalah buah-buahan. 

Paling cocok memang buah lokal, karena harganya relatif terjangkau. Membeli buah lokal berarti turut menyejahterakan petani buah dalam negeri. 

Kalian biasa menyiapkan makanan atau minuman apa untuk berbuka puasa? 



0 comments