Rekomendasi Tempat Wisata Menenangkan di Jogja, Cocok untuk Healing!

Jogjakarta
Photo by CEphoto, Uwe Aranas

Wisata di Jogja tidak pernah ada habisnya. Banyak tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin menenangkan pikiran dan recharge energi dari padatnya jadwal. Selain itu, di Jogja harga tiket masuk tempat wisata pun tidak terlalu mahal.

Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus, bisa sewa mobil sebagai transportasi di Jogja. Cek rental mobil di Jogja lewat aplikasi Traveloka, bisa sewa sekalian demi kemudahanmu selama berlibur di Jogja.

Lalu, apa saja objek wisata yang bisa dijadikan tempat healing di Jogja? Langsung saja simak ulasan rekomendasi tempat wisata di Jogja berikut ini!

1.   Taman Sungai Mudal

Tempat untuk healing paling cocok adalah memilih wisata alam yang jauh dari keramaian. Mendengarkan suara gemericik dari air sungai di Taman Mudal akan memberikan ketenangan. Objek wisata satu ini berada di daerah Kulon Progo.

Photo by : camerawisata. com

Di Taman Sungai Mudal, kamu bisa menikmati wisata air yang bermacam-macam, pastinya jarang ditemui di tempat lain, mulai dari pemandian hingga wahana-wahana yang bisa menambah keseruan para wisatawan.

Seperti taman di surga, Taman Sungai Mudal memiliki air terjun yang bisa kamu nikmati di gazebo atau bebatuan agar lebih terasa nuansa alamnya. Hawa di tempat ini pun sangat sejuk, dijamin kamu akan merasa sangat betah.

2.   Situs Ratu Boko

Berada di Bukit Boko, Situs Ratu Boko bisa kamu nikmati untuk bersantai hingga mencari ketenangan dari jadwalnya pekerjaan sehari-hari. Situs ini berada di ketinggian 110-229 mdpl di atas tanah seluas 25 hektar.

Gapura Situs Ratu Boko Dok : BPCB DIY

Candi di Situs Ratu Boko berbeda dengan candi-candi lainnya, letak antar candi di situs ini berpencar, kamu bisa memilih ingin beristirahat di mana.

Saat menjelang sore, pemandangan indah bisa kamu nikmati, matahari tenggelam akan terlihat jelas di tempat ini. Sehingga, lebih baik kamu datang di jam-jam mendekati waktu senja untuk mendapatkan pemandangan indah tersebut.

3.   Pantai Gunung Kidul

Di Gunung Kidul, kamu tidak akan menemui satu pantai saja, ada banyak pantai yang bisa kamu kunjungi. Namun, tidak semua pantai di Gunung Kidul memberikan ketenangan, beberapa dari pantai tersebut sudah sangat ramai pengunjung.

Salah satu pantai yang masih sepi pengunjung dan jauh dari keramaian adalah Pantai Srakung yang letaknya di daerah Dusun Nujo. Pantai Srakung memiliki pasir putih yang sangat lembut dan bersih, dengan tebing di kanan kirinya, membuat pantai ini terasa lebih privat.

4.   Kebun Teh Nglinggo

Tidak hanya di Bandung saja kamu bisa menemui kebun teh, di Jogja ada pula kebun teh yang berada di daerah Kulon Progo. Udara yang bersih dan nuansa menyejukkan, cocok untuk kamu yang mencari suasana baru.

Berada di daerah Pegunungan Menoreh, kebun teh Nglinggo ini menyuguhkan hamparan hijau yang sangat mempesona, kamu bisa merasakan ketenangan dan recharge energi sebelum kembali bekerja lagi.

5.   Air Terjun Kedung Kandang

Tidak jauh dari pusat keramaian, namun tempat ini tidak terlalu ramai, sehingga cocok buat kamu yang membutuhkan ketenangan dan tidak ingin berkendara jauh-jauh. Suasana asri pegunungan akan langsung terasa, dengan hawa dingin dan sejuk ditambah suara gemericik air sungai.

6.   Pinus Pengger

Ingin menikmati suasana malam Jogja namun jauh dari keramaian? Ada Pinus Pengger yang sudah beroperasi sejak tahun 2012. Awalnya tempat ini hanyalah hutan pinus biasa yang memang dikelola untuk produksi, namun beberapa tahun berjalan, hutan pinus ini sudah tidak berfungsi dan pihak pengelola mengubah menjadi tempat wisata seperti saat ini.

7.   Glamping Indekostour

Singkatan dari kata glamour dan camping sangat pas dipakai untuk tempat ini karena menyuguhkan beberapa kamar penginapan dengan konsep berkemah, meskipun berkemah, kamu masih bisa merasakan kenyamanan sebab fasilitas yang diberikan sangat lengkap.

Glamping Indekostour merupakan salah satu tempat perkemahan mewah tersebut di Jogja. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar Glamping dan nikmati suasana yang tenang.

8.   Waduk Sermo

Terakhir, ada Waduk Sermo yang berada di daerah Kulon Progo. Waduk dengan air yang jernih dan dikelilingi rerumputan hijau serta pepohonan membuat suasana ini terasa sangat asri. Di sini, kamu bisa relaksasi dengan tenang dan menikmati nuansa yang jarang ditemui sehari-hari.

Ingin berlama-lama di tempat ini pun juga bisa, kamu hanya perlu mendirikan tenda. Tenang saja, tempat ini cukup aman dan nyaman kok untuk berkemah.

Itulah 8 tempat paling direkomendasikan jika kamu ingin healing di Jogja. Dengan suasana alam yang tenang dan jauh dari keramaian, pikiranmu akan jauh lebih fresh sehingga siap untuk menjalani hari lagi.

0 comments