Yuk, Bikin Resolusi Keuangan Tahun Baru agar Hemat, Mapan, dan Tetap Bahagia!



Tahun baru sudah tiba. Ada semangat dan harapan baru yang mengiringi perjalanan hidupmu di tahun baru. Agar tahun ini semakin penuh makna dan hidupmu selalu terarah, jangan lupa membuat resolusi keuangan, ya. Setiap orang tentunya memiliki cara atau gaya masing-masing dalam mengelola uang agar dapat memenuhi semua kebutuhan. 

Namun, kamu tentunya harus memiliki rencana dan budgeting yang sesuai agar terhindar dari perilaku konsumtif dan penyimpangan lainnya. Mumpun masih awal tahun, yuk persiapkan diri menuju ke fase financial stable versi kamu sendiri di 2022!

Apa saja resolusi keuangan tahun 2022 yang realistis dan bisa kamu wujudkan? Inilah ulasan selengkapnya!

1. Mengumpulkan Dana Darurat Secara Konsisten

Tak dapat dipungkiri kalau hampir semua orang belum memiliki dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga. Padahal, merupakan salah satu komponen penting yang wajib dimiliki. 

Persiapan dana darurat patut menjadi salah satu agenda kamu dalam menetapkan resolusi finansial 2022. Usahakan untuk menabungkan dana dengan jumlah konsisten setiap bulan demi meminimalkan risiko finansial akibat hal-hal yang terjadi secara mendadak.

2. Mulai Berinvestasi dari Modal Kecil

Investasi hal yang sangat perlu dipelajari, guna seseorang bisa paham dan mengerti bahwa ada banyak instrumen yang bisa dimanfaatkan untuk menabung. Tak perlu ragu untuk menyisihkan pendapatan untuk mulai berinvestasi untuk mencapai resolusi financial stable keuangan 2022. 

Tak perlu khawatir! ada banyak instrument investasi yang bisa kamu pilih, dan kamu bisa memulainya dari hal paling mudah, contohnya dengan membeli perhiasan hingga logam mulia.  Pelan-pelan tapi pasti, kamu dapat mulai dengan instrumen investasi lainnya, seperti saham, properti, reksa dana, dan lain sebagainya. 

3. Mengurangi Kebiasaan Belanja Online

Salah satu hal yang rentan menggagalkan resolusi keuangan adalah kebiasaan belanja online. Sebenarnya, belanja online bukanlah sesuatu yang salah jika kamu memprioritaskan kebutuhan sehari-hari dan memanfaatkan promo semaksimal mungkin. Misalnya, kamu membeli barang-barang kebutuhan pokok secara online karena ada promo cashback dan gratis ongkir. 

Berusahalah meminimalkan belanja online bila hanya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan supaya pengeluaran tidak semakin boros akibat belanja online gila-gilaan.

4. Menemukan dan Mengatasi Latte Factor

Latte factor merupakan sebuah istilah yang merujuk ke perilaku seseorang yang melakukan sesuatu secara berulang kali, yang mana dapat berdampak buruk terhadap keseimbangan  keuangan. Masing-masing dari kita memiliki jenis later factor yang berbeda, misalnya ada yang hobi membeli kopi di kafe setiap hari atau terlalu sering wisata kuliner. 

Meski terdengar sepele, latte factor perlu diperhatikan agar tidak menghambat resolusi keuangan yang telah dibuat. Kamu dapat memulai dengan melakukan analisa perilaku latte factor dan mencoba untuk meminimalisir hal itu untuk menuju kondisi keuangan yang stabil. Gaya hidup hemat akan bikin tabunganmu lekas bertambah banyak sehingga kamu jadi makin mapan.

5. Menabung Uang Receh Setahun Penuh

Jangan menganggap remeh manfaat uang receh yang biasanya kamu dapatkan dari kembalian belanjaan, ya. Uang receh yang dikumpulkan terus-menerus akan menjadi tabungan yang berlipat ganda dengan jumlah besar. 

Mulai sekarang, siapkan satu celengan khusus untuk mengumpulkan uang receh yang kamu miliki. Kumpulkan uang recehmu selama setahun penuh dan bersiaplah terkejut ketika membuka celengan.

6. Menyisihkan Budget Hiburan untuk Diri Sendiri

Berhemat memang penting untuk menjaga kestabilan kondisi finansialmu. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang, ya. Kamu bisa tetap menyisihkan sebagian pendapatan dalam bentuk budget hiburan. Nantinya, budget tersebut dapat kamu gunakan untuk jajan, belanja, atau traveling. Kini, traveling tak akan membuat isi kantongmu jebol karena ada berbagai pilihan hemat yang bisa jadi andalanmu. 

Salah satunya adalah liburan ke kawasan Jawa tengah naik kereta api. Keinginan liburan ke Solo bisa direalisasikan dalam waktu dekat bila kamu memesan tiket kereta api di Traveloka. Kalau ingin cari tahu jadwal kereta KAI Jakarta ke Solo dan harga tiketnya secara lengkap, yuk buka dulu website atau aplikasi Traveloka. 

Pesan tiket kereta api ke Solo jadi kian mudah karena kamu bisa melakukannya secara online via Traveloka. Kamu tinggal memasukkan informasi tentang lokasi keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan, serta jumlah kursi yang kamu butuhkan. Sistem Traveloka akan membantumu memilih jadwal kereta api terbaik sesuai dengan kebutuhanmu dengan harga terjangkau mulai dari Rp 74.000 saja.

Mulai hari ini, jangan mudah menyerah dengan kondisi finansial pribadi yang sering terganggu. Mulailah dengan mewujudkan resolusi keuangan 2022 agar kamu lebih mapan dan mahir mengelola keuangan tanpa mengabaikan kebahagiaan diri sendiri.

 

0 comments